Sabtu, 06 Oktober 2012

Sistem Sumber Menurut Para Ahli


Sumber merupakan konsep dasar yang sering digunakan dalam praktek pekerjaan sosial seperti halnya kebutuhan, masalah atau situasi. Sumber pelayanan kesejahteraan sosial adalah asset yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan atau menyelesaikan masalah dalam pelayanan kesejahteraan sosial. Asset ini dapat berupa daya, dana, barang, jasa, peluang jalur atau informasi yang dikuasai dan dapat digunakan secara syah untuk keperluan pelayanan kesejahteraan sosial (HolilSoelaiman : 1991).
Rangkaian kegiatan memahami sumberpelayanan, menganalisa sumber pelayanan, aksesibilitas sumber, mobilisasi sumber pelayanan kesejahteraan sosial serta memonitor dan mengevaluasi pemanfaatan sumber pelayanan kesejahteraan sosial adalah merupakan suatu sistem yang tidak dapat dipisahkan antara satu unsur satu dengan unsur lainnya.
Seorang pekerja sosial atau sumber daya manusia yang bekerja memberikanpelayanan kesejahteraan sosial harus dapat mengidentifikasi, mengakses dan memobilisasi sumber dengan pelayanan kesejahteraan sosial dalam penanganan usaha kesejahteraan sosial baik yangdilakukan di lembaga pelayanan kesejahteraan sosial atau di komunitas.
Sumber adalah segala sesuatu yangmemiliki nilai , sesuatu yang berada dalamsimpanan atau telah tersedia, dimana orang dapat menggali dan menggunakan sebagai alat sehingga berfungsi untuk memenuhi kebutuhan atau memecahkan masalah.( Max Siporin , 1975 : 22 ).
Sistem sumber pelayanan kesejahteraan sosial adalah rangkaian kegiatan pengelolaan sumber yang digunakan untuk memberikan pelayanan kesejahteraan sosial.

·            Hakikat sistem sumber dalam pelayanankesejahteraan sosial
Pada kenyataannya di dalam masyarakat sumber-sumber terbagi-bagi secara tidak merata. Distribusi sumber-sumber dalam masyarakat sebagian besar dipengaruhi oleh status-status peranan. Sehingga hanya sekelompok kecil orang-orang berkuasa yang menguasai sumber, sementara sebagian besar penduduk lainnya yang miskin dan melarat juga membutuhkan sumber-sumber namun tidak dapatmenjangkau .
Manfaat sistem sumber bagi pelayanan kesejahteraan sosial adalah :
1)     Untuk mengefektifkan kegiatan pelayanan kesejahteraan sosial.
2)     Menunjang dan mendukung kegiatan pelayanan kesejahteraan sosial.
3) Memenuhi kebutuhan dan pemecahan masalah bagi lembaga pelayanan kesejahteraan sosial

Ø Allan Pincus dan Minahan membagi ruang lingkup sistem sumber kesejahteraan social menjadi tiga :
Sistem sumber informal atau alamiah, seperti : keluarga, kerabat, sahabat atau tetangga.
Sistem sumber formal yaitu sistem sumber yang tersedia hanya oleh karena menjadi anggota atau melalui ke anggotaan dari suatu organisasi, misalnya : Serikat Pekerja.
sistem sumber kemasyarakatan yaitu sistem sumber yang terbuka untuk umum yang memerlukannya seperi sekolah, rumah sakit, panti asuhan, panti werdha dan lain-lain.

Ø Max Siporin :
Sumber Internal dan Eksternal Sumber internal adalah sumber yang beradapada diri klien sendiri. Sumber ini dapatberupa kecerdasan, imajinasi, kreativitas, kepekaan, motivasi, semangat, karaktermoral, kekauatan fisik, stamina, energi, kemenarikan (attractiveness), pengalamanhidup, keyakinan agama dan pengetahuanatau kemampuan tertentu yang dimiliki klien (Dubois dan Miley, 1992; Lawton,1980).Sumber eksternal adalah sumber yang berada di luar diri klien yang dapat berbentuk harta kekayaan, prestise, pekerjaan tetap, saudara yang kaya, teman yang berpengaruh atau hak mendapatkan jaminan pensiun.
Sumber Offisial dan Non-Ofisial. Sumber offisial pada dasarnya merupakan tokoh-tokoh formal yang memiliki kompetensi khusus, seperti pekerja sosial, kepala desa, polisi, pengacara, atau lembaga yang dianggap dapat mewakili masyarakat, seperti badan-badan pelayanan kesejahteraan sosial, sekolah, rumah sakit. Sumber non-offisial menunjuk pada lembaga-lembaga informal, sepertikeluarga, kerabat, tetangga yang biasanya memberikan dukungan emosional atau material pada keadaan-keadaan tertentu. Sumber offisial dan non-offisial juga dapat berasal dari diri klien sendiri, misalnya pekerjaan atau jabatan formal klien (sumberoffisial), atau pengetahuan, keterampilan, sikap, harta kekayaan klien (sumber non-offisial).
Sumber Manusia dan Non-manusia Sumber manusia adalah orang, baik dalam pengertian individual maupun kolektivitas, yang memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk memecahkan masalah. Sedangkan sumber non-manusia dapat berupa barang, benda atau materi, sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan dalam memenuhi kebutuhan tertentu.

Ø Mc Niel dan King :
1.    Sumber kesehatan (health resources),seperti rumah sakit, PUSKESMAS, klinikgigi, klinik mental. Aspek-aspek yang perlu diidentifikasi dari sumber ini adalah :
Kebijakan-kebijakan, praktek-praktek dan keterbatasan-keterbatan pelayanan.
Praktek-praktek admisi/ pendaftaran (elijibilitas dan daftar tunggu)
Jarak dari masyarakat.
2.    Sumber Pendidikan (educationalresources), seperti sekolah formal, sekolah kejuruan dan lembaga-lembaga pendidikan lainnya.
Kebijakan-kebijakan, praktek-praktek dan keterbatasan-keterbatan pelayanan.
Program-program yang ditawarkan.
Biaya dan prosedur-prosedur pembayaran.
Lokasi.
3.    Sumber perumahan (housing resources), baik yang dikelola oleh pemerintah maupun swasta.
Kondisi dan stock perumahan.
Ketersediaan unit-unit perumahan yang secara khusus mengatur pelayanan bagi kelompok-kelompok sasaran tertentu.
Keterlibatan pemilik atau penyewa rumah dalam menentukan kebijakan.
4.    Fasilitas Rekreasi (recreation facilites), baik yang dikelola oleh pemerintah maupun swasta.
Pusat-pusat pelayanan rekreasi
Tempat-tempat rekreasi, seperti taman, gelanggang remaja.
Pelayanan-pelayanan khusus bagi kelompok-kelompok sasaran tertentu.

Sumber-sumber tambahan
Lembaga dan sistem peradilan
Lembaga-lembaga advokasi bagimasyarakat
(sumber : Domodifikasi dari Netting, Kettner, dan McMurty, 1993 : 86).

Ø Dubbois & Milley membagiruang lingkup sebagai berikut :
Sumber personal yaitu segala sesuatu yang ada dalam diri manusia seperti motivasi, kecerdasan, kemampuan, pengalaman, ketrampilan dll
Sumber Interpersonal yaitu berkaitan dengan interaksi atau hubungan dengan sesama manusia seperti keakraban, pertemanan, persaudaraan, kasih sayang dll
Sumber Kemasyarakatan yaitu Organisasi pelayanan sosial, dana, pelayanan, pembinaan, sarana dan prasarana dan fasilitas/ alat-alat kegiatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar