Sumber
merupakan konsep dasar yang sering digunakan dalam praktek pekerjaan
sosial seperti halnya kebutuhan, masalah atau situasi. Sumber pelayanan
kesejahteraan sosial adalah asset yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan atau
menyelesaikan masalah dalam pelayanan kesejahteraan sosial. Asset ini
dapat berupa daya, dana, barang, jasa, peluang jalur atau informasi yang dikuasai
dan dapat digunakan secara syah untuk keperluan pelayanan kesejahteraan sosial
(HolilSoelaiman : 1991).
Rangkaian
kegiatan memahami sumberpelayanan, menganalisa sumber pelayanan, aksesibilitas
sumber, mobilisasi sumber pelayanan kesejahteraan sosial serta memonitor dan
mengevaluasi pemanfaatan sumber pelayanan kesejahteraan sosial adalah merupakan
suatu sistem yang tidak dapat dipisahkan antara satu unsur satu dengan unsur
lainnya.
Seorang
pekerja sosial atau sumber daya manusia yang bekerja memberikanpelayanan
kesejahteraan sosial harus dapat mengidentifikasi, mengakses dan memobilisasi
sumber dengan pelayanan kesejahteraan sosial dalam penanganan usaha
kesejahteraan sosial baik yangdilakukan di lembaga pelayanan kesejahteraan
sosial atau di komunitas.
Sumber
adalah segala sesuatu yangmemiliki nilai , sesuatu yang berada dalamsimpanan
atau telah tersedia, dimana orang dapat menggali dan menggunakan sebagai alat
sehingga berfungsi untuk memenuhi kebutuhan atau memecahkan masalah.( Max
Siporin , 1975 : 22 ).
Sistem
sumber pelayanan kesejahteraan sosial adalah rangkaian kegiatan pengelolaan
sumber yang digunakan untuk memberikan pelayanan kesejahteraan sosial.
·
Hakikat
sistem sumber dalam pelayanankesejahteraan sosial
Pada
kenyataannya di dalam masyarakat sumber-sumber terbagi-bagi secara tidak merata.
Distribusi sumber-sumber dalam masyarakat sebagian besar dipengaruhi oleh
status-status peranan. Sehingga hanya sekelompok kecil orang-orang berkuasa yang
menguasai sumber, sementara sebagian besar penduduk lainnya yang miskin dan
melarat juga membutuhkan sumber-sumber namun tidak dapatmenjangkau .
Manfaat
sistem sumber bagi pelayanan kesejahteraan sosial adalah :
1)
Untuk mengefektifkan kegiatan
pelayanan kesejahteraan sosial.
2)
Menunjang dan mendukung
kegiatan pelayanan kesejahteraan sosial.
3) Memenuhi kebutuhan dan
pemecahan masalah bagi lembaga pelayanan kesejahteraan sosial
Ø Allan
Pincus dan Minahan membagi ruang lingkup sistem sumber kesejahteraan social menjadi
tiga :
Sistem
sumber informal atau alamiah, seperti : keluarga, kerabat, sahabat atau
tetangga.
Sistem
sumber formal yaitu sistem sumber yang tersedia hanya oleh karena menjadi anggota
atau melalui ke anggotaan dari suatu organisasi, misalnya : Serikat Pekerja.
sistem
sumber kemasyarakatan yaitu sistem sumber yang terbuka untuk umum yang memerlukannya
seperi sekolah, rumah sakit, panti asuhan, panti werdha dan lain-lain.
Ø Max
Siporin :
Sumber
Internal dan Eksternal Sumber internal adalah sumber yang beradapada diri klien
sendiri. Sumber ini dapatberupa kecerdasan, imajinasi, kreativitas, kepekaan,
motivasi, semangat, karaktermoral, kekauatan fisik, stamina, energi, kemenarikan
(attractiveness), pengalamanhidup, keyakinan agama dan pengetahuanatau
kemampuan tertentu yang dimiliki klien (Dubois dan Miley, 1992;
Lawton,1980).Sumber eksternal adalah sumber yang berada di luar diri klien yang
dapat berbentuk harta kekayaan, prestise, pekerjaan tetap, saudara yang kaya,
teman yang berpengaruh atau hak mendapatkan jaminan pensiun.
Sumber
Offisial dan Non-Ofisial. Sumber offisial pada dasarnya merupakan tokoh-tokoh
formal yang memiliki kompetensi khusus, seperti pekerja sosial, kepala desa,
polisi, pengacara, atau lembaga yang dianggap dapat mewakili masyarakat, seperti
badan-badan pelayanan kesejahteraan sosial, sekolah, rumah sakit. Sumber
non-offisial menunjuk pada lembaga-lembaga informal, sepertikeluarga, kerabat,
tetangga yang biasanya memberikan dukungan emosional atau material pada
keadaan-keadaan tertentu. Sumber offisial dan non-offisial juga dapat berasal
dari diri klien sendiri, misalnya pekerjaan atau jabatan formal klien
(sumberoffisial), atau pengetahuan, keterampilan, sikap, harta kekayaan klien
(sumber non-offisial).
Sumber
Manusia dan Non-manusia Sumber manusia adalah orang, baik dalam pengertian
individual maupun kolektivitas, yang memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk
memecahkan masalah. Sedangkan sumber non-manusia dapat berupa barang, benda atau
materi, sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan dalam memenuhi kebutuhan
tertentu.
Ø Mc
Niel dan King :
1. Sumber
kesehatan (health resources),seperti rumah sakit, PUSKESMAS, klinikgigi, klinik
mental. Aspek-aspek yang perlu diidentifikasi dari sumber ini adalah :
Kebijakan-kebijakan,
praktek-praktek dan keterbatasan-keterbatan pelayanan.
Praktek-praktek
admisi/ pendaftaran (elijibilitas dan daftar tunggu)
Jarak
dari masyarakat.
2. Sumber
Pendidikan (educationalresources), seperti sekolah formal, sekolah kejuruan dan
lembaga-lembaga pendidikan lainnya.
Kebijakan-kebijakan,
praktek-praktek dan keterbatasan-keterbatan pelayanan.
Program-program
yang ditawarkan.
Biaya
dan prosedur-prosedur pembayaran.
Lokasi.
3. Sumber
perumahan (housing resources), baik yang dikelola oleh pemerintah maupun swasta.
Kondisi
dan stock perumahan.
Ketersediaan
unit-unit perumahan yang secara khusus mengatur pelayanan bagi kelompok-kelompok
sasaran tertentu.
Keterlibatan
pemilik atau penyewa rumah dalam menentukan kebijakan.
4.
Fasilitas Rekreasi (recreation
facilites), baik yang dikelola oleh pemerintah maupun swasta.
Pusat-pusat
pelayanan rekreasi
Tempat-tempat
rekreasi, seperti taman, gelanggang remaja.
Pelayanan-pelayanan
khusus bagi kelompok-kelompok sasaran tertentu.
Sumber-sumber
tambahan
Lembaga
dan sistem peradilan
Lembaga-lembaga
advokasi bagimasyarakat
(sumber
: Domodifikasi dari Netting, Kettner, dan McMurty, 1993 : 86).
Ø Dubbois
& Milley membagiruang lingkup sebagai berikut :
Sumber
personal yaitu segala sesuatu yang ada dalam diri manusia seperti motivasi,
kecerdasan, kemampuan, pengalaman, ketrampilan dll
Sumber
Interpersonal yaitu berkaitan dengan interaksi atau hubungan dengan sesama
manusia seperti keakraban, pertemanan, persaudaraan, kasih sayang dll
Sumber
Kemasyarakatan yaitu Organisasi pelayanan sosial, dana, pelayanan,
pembinaan, sarana dan prasarana dan fasilitas/ alat-alat kegiatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar