Selasa, 24 April 2012

BEBERAPA ISTILAH DALAM KESOS & PEKSOS



1.   Advokasi adalah Advokasi adalah berbicara, bertindak dan menulis dengan sedikit konflik kepentingan atas nama kepentingan dianggap tulus dari orang atau kelompok yang kurang beruntung untuk mempromosikan, melindungi dan mempertahankan kesejahteraan dan keadilan oleh:
·         Berada di pihak mereka dan tidak ada orang lain,
·         Yang terutama berkaitan dengan kebutuhan dasar mereka,
·         Tetap setia dan bertanggung jawab kepada mereka dengan cara yang tegas dan penuh semangat dan yang, atau mungkin, mahal untuk advokat atau kelompok advokasi.
2.     BOS (Bantuan Operasional Sekolah) adalah program pemerintah yang pada dasarnya untuk penyediaan pendanaan biaya operasi nonpersonalia bagi satuan pendidikan dasar sebagai pelaksana program wajib belajar. Namun demikian, ada beberapa jenis pembiayaan investasi dan personalia yang diperbolehkan dibiayai dengan dana BOS.
3.    ASKESOS (Asuransi Kesejahteraan Sosial) adalah sistem perlindungan sosial bagi masyarakat pekerja mandiri di sekto informal dalam bentuk jaminanpengganti pendapatan keluarga, yang disebabkan peserta atau tetanggung mengalami penurunan atau kehilanganpendaptan akibat sakit, kecelakaan, atau meninggal dunia.
4.     Pekerja Koreksional adalah suatu sumber pelayanan professional pada sistem koreksional (lapas, rutan, bapas ) dan sistem lain dalam sistem peradilan kriminal, yang bertujuan untuk membantu pemecahan masalah klien agar meningkatkan keberfungsian sosialnya.
5.      Wanita Rawan Sosial Ekonomi adalah seseorang (wanita dewasa) yang belum menikah atau janda yang tidak mempunyai penghasilan cukup/ tetap untuk dapat memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.
6.     Pendekatan Psikoanalitik adalah Teori yang dikemukakan oleh Freud ini berfokus pada masalah alam tak sadar, sebagai salah satu aspek kepribadian seseorang. Menurutnya, dorongan-dorongan, komponen-komponen kepribadian, ingatan akan pengalaman masa kanak-kanak dini dan konflik-konflik psikologis yang mengerikan cenderung tidak disadari. Dalam teori Psikoanalitik, Freud membagikan struktur psikis atau mental manusia ke dalam 3 bagian yaitu :
§  Id
§   Ego
§  Super Ego
7.   Hipotesis Statistika adalah suatu perumusan sementara/ asumsi yang mungkin benar/ salah mengenai satu atau lebih suatu populasi.
8.      HAM (Hak Asasi Manusia) adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Kuasa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara, hukum, Pemerintah dan setiap orang, demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia.
9.    Teori Humanis adalah suatu teori dalam pembelajaran yang mengedepankan bagaimana memanusiakan manusia lainnya.
10. JAMKESMAS (Jaminan Kesehatan Masyarakat) adalah program bantuan social untuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin dan tidak mampu program ini diselenggarakan secara nasional agar terjadi subsidi silang dalam rangka mewujudkan pelayanan kesehatan yang menyeluruh bagi masyarakat miskin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar